seo coffetechno

Cara Membuat Artikel Blog Seo

Posted on

Cara Membuat Artikel Blog Seo Adalah artikel yang saya akan bahas. Banyak Blogger yang bisa menulis secara teratur dan lancar tetapi tidak SEO, jika anda belum tahu apa itu SEO saya akan membahas secara singkat apa itu SEO, SEO (Search Engine Optimization) Adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin mesin pencari. Jika anda sudah tahu apa itu SEO. Kali ini saya akan memberitahu tips membuat artikel SEO. Ada beberapa cara membuat artikel Seo yaitu :

ARTIKEL SEO

1. Gunakan Keyboard Di Judul Artikel

ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel. Jika anda tidak memberi keyword utama di title sama saja anda menyuruh mesin pencari untuk menebak tema artikel anda. Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata, makin ke kiri (ke awal kata) makin baik. Berikut gambarnya :

coffee seo

lihat gambar diatas, artikel diatas ditambahkan keyboard judul artikel. Baca Juga Artikel : Cara Download Video Di Youtube.

2. Gunakan Judul Yang Menarik

Terkadang ada blogger yang kesulitan menentukan judul artikel yang dibuat. Untuk itu saya ada solusinya. Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin Yoast atau sejenisnya.

coffeetechno harga website

lihat judul artikel diatas “12 Situs Cek Harga Website”, judul diatas adalah judul yang menarik untuk di klik.

3. Tulis Artikel Yang Panjang

Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine. Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif. Maksud saya Artikel yang panjang adalah Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam (lengkap).

4. Gunakan Internal linking

maksud dari internal linking adalah link antar halaman blog atau website. Jika anda bertanya berapa maksimal antar internal linking?. Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience. Jika Anda merasa 15 internal link per post tidak mengganggu visitor tidak apa-apa. Tapi saya sarankan link antar halaman 3-5 saja, supaya tidak terlalu mengganggu pembaca. berikut adalah gambar contoh internal linking.

internal linking cofeetechno

tulisan yang bewarna biru adalah contoh internal linking, Saya sarankan lagi jika anda membuat internal linking buatlah antar halaman blog anda supaya visitor tetap di blog anda.

5. Kurangi Penggunaan Bold, Italic dan underline

Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita. Tapi jika berlebihan sama saja tiak membantu. Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Saya sarankan jika anda menggunakan bold, italic dan underline jangan terlalu banyak.

6. Gunakan Elemen H1, H2 & H3

Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul website (homepage), H2 untuk judul postingan dan h3 untuk elemen-elemen website yang lain seperti related post dan widget di sidebar.

Theme dinamis dengan struktur SEO friendly biasanya mempunyai struktur heading yg sama dengan theme-theme default ketika dihomepage, namun berubah ketika di halaman postingan, dengan menempatkan judul postingannya sebagai h1 (bukan judul homepage).

note: Penggunaan h2, h3 dst bisa lebih dari 1x dalam satu halaman website (pages). Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

7. Gunakan Url Yang pendek

Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh : Link Asli : 12 cek situs harga website yang bagus. link SEO : 12 cek situs harga website.

 

Itu adaah beberapa caa membuat artikel yang SEO, jika anda masih merasa bingung, tulis komentar di bawah.