5 Tujuan Memberikan Kompensasi Karyawan

Diposting pada

Dalam dunia bisnis, Anda sebagai pimpinan perusahaan mengetahui bahwa pengelolaan kompensasi kepada karyawan adalah kewajiban perusahaan untuk memberikan taraf hidup yang pantas dan layak bagi karyawan sesuai dengan anggaran dan kemampuan perusahaan. Pengelolaan kompensasi dapat berdampak pada produktivitas perusahaan secara langsung dan tidak langsung. Mengapa bisa terjadi ?

Kompensasi merupakan bentuk penghargaan atas usaha, keahlian, waktu, pengetahuan yang diberikan karyawan kepada perusahaan dengan dilihat dari pencapaian yang sudah tercapai. Berikut 5 tujuan memberikan kompensasi karyawan yang baik.

Tujuan Memberikan Kompensasi Karyawan

1. Menarik minat kandidat terbaik

Jika perusahaan memberikan kompensasi terbaik, maka kandidat-kandidat terbaik akan tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Bukan hanya soal talent yang dimiliki saja yang bersaing untuk mendapatkan posisi penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan juga bersaing untuk mendapatkan karyawan yang cerdas, disiplin, pekerja keras, kreatif, dan bisa memberikan kontribusi pada produktivitas dan kemajuan perusahaan.

2. Meningkatkan motivasi

Upah yang tepat akan mendorong karyawan untuk tetap bekerja sama, berkomitmen dan produktif. Karyawan akan merasa dihargai karena dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan dalam bekerja sehingga dapat bekerja dengan rasa senang dan bahagia. Tidak perlu memerintah lagi untuk bekerja, karyawan yang bekerja dalam keadaan senang akan terus memberikan performa terbaik bagi perusahaan.

3. Mempertahankan dan menghargai karyawan

Begitu karyawan terus memberikan karyanya maka Anda harus mencari cara agar karyawan tersebut tidak pindah ke perusahaan lain apalagi perusahaan kompetitor. Nilainya akan semakin tinggi seiring dengan pengalaman yang karyawan miliki. Tentu Anda harus memberikan reward agar karyawan tersebut tetap bertahan dengan perusahaan Anda dan sebagai bentuk terima kasih atas kontribusi kepada perusahaan

Baca Juga : Mengenal Sistem Outsourcing Di Indonesia

4. Mendukung program perusahaan

Penggajian karyawan adalah bentuk investasi bukan sebagai bentuk pemborosan keungan karyawan. Dibutuhkan kompensasi yang benar untuk meningkatkan produktivitas dan output perusahaan yang nantinya menghasilkan timbal balik keuntungan bagi perusahaan. Anda perlu merancang strategi untuk memaksimalkan kinerja karyawan Anda. Misalnya jika karyawan Anda lembur maka Anda dapat memberikan upah lembur atau jika karyawan Anda cuti maka Anda dapat memberikan bonus. Selain untuk mengistirahatkan kondisi fisik dan mental karyawan Anda, dengan karyawan yang mengambil cuti maka diharapkan akan meningkatkan produktivitas kerja setelah cuti

5. Selaras dengan aturan pemerintah

Memberikan kompensasi bukan hanya baik untuk karyawan tapi juga pada perusahaan karena dapat terhindar dari sanksi administratif tentang pengupahan. Permasalahan serikat pekerja dapat dihindari karena karyawan dapat fokus pada pekerjaannya bukan fokus pada hal-hal lain seperti menuntut keadilan perusahaan.

Maka untuk menghitung penggajian dan segala kompensansi perusahaan terhadap karyawan saat ini dapat mudah dilakukan dengan Payroll Outsourcing Terbaik LinovHR. LinovHR dapat monitoring absensi perhitungan tunjangan dan gaji sesuai aturan pemerintah yang terbaru dengan efisien, cepat dan akurat. Tim HR perusahaan bisa lebih fokus dan cepat dalam bekerja untuk mempertahankan kesejahteraan karyawan sehingga produktivitas bisnis akan berkembang pesat. Coba LinovHR sekarang, gratis.

 

Gambar Gravatar
Seorang Blogger Newbie yang ingin terus belajar dalam dunia Blogger dan framework Codeigniter