Fungsi Dan Jenis-Jenis RAM Beserta Ciri-Cirinya

Fungsi Dan Jenis-Jenis RAM – Apa itu RAM? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, Ram berfungsi sebagai tempat penyimpanan Memory yang bersifat sementara. Artinya setelah komputer mati, Memory Ram akan kosong dan diisi data/intruksi baru yang dibutuhkan saat komputer/laptop digunakan. Semakin besar kapasitas penyimpanan Ram, semakin besar pula intruksi maupun data yang dapat diolah. Lain halnya dengan ROM (Read Only Memory), Rom memiliki fungsi yang sama dengan Ram, tapi data yang disimpan bersifat permanent atau tidak bisa dihapus.

Sekarang ini banyak sekali jenis-jenis Ram mulai dari SDRAM, DRAM, SRAM, RDRAM, EDORAM dan masih banyak lagi lainnya. RAM juga merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan seberapa besar kemampuan sebuah komputer/laptop. Ram sendiri mempunyai tugas yang sangat vital, lokasi pemasangan Ram berdekatan dengan processor, hal ini bertujuan agar proses pengantara data lebih cepat.

 

Jenis-Jenis RAM Beserta Ciri-Cirinya

1. DRAM

Fungsi dan Jenis-Jenis Ram-DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis Ram yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor satu sirkuit terpadu. Ram ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan EDO RAM, tapi lebih rendah dibanding SRAM. Intruksi/data yang ada di dalam DRAM harus disegarkan secara berkala oleh CPU, hal ini bertujuan agar data tidak hilang. Struktur DRAM hanya memerlukan Satu Transistor dan Kapasitor Per Bit. Kecepatan Memory DRAM antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

 

2. SRAM (Static Random Access Memory)

Fungsi dan Jenis-Jenis Ram-SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis Ram yang tidak menggunakan semi konduktor, lain halnya dengan DRAM  Ram ini tidak memerlukan penyegaran secara berkala dan tidak memerlukan konduktor. Sehingga Ram ini lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, ini disebabkan karena komponen Ram ini haanya menggunakan Transistor tanpa Kapasitor. SRAM memiliki kekurangan yaitu, biaya produksi yang sangat mahal. Sehingga membuat Ram ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan hanya digunakan untuk bagian yang penting. Kecepatan memory SRAM mampu mengimbangi kecepatan processor 500 Mhz atau lebih.

Baca Juga : 8 Aplikasi Android Unik Yang Wajib Kalian Coba

 

3. EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Fungsi dan Jenis-jenis Ram-EDO RAM

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory), adalah jenis Memory Ram yang dapat mengambil dan menyimpan isi memory secara bersmaan. Biasanya jenis Ram ini digunakan oleh komputer jaman dulu, Ram ini dekembangkan tahun 1995. Slot pin pada Ram ini berjumlah 72 pin, Bentuk Ram ini lebih panjang dibandingka dengan Ram yang lain, khusunya Ram SIMM. Ram ini sangat cocok untuk dipasangkan pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz. Selain itu, Ram ini juga sangat cocok dipasang pada semua komputer pentium.

 

4. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Fungsi Dan Jenis-jenis Ram-RDRAM

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) adalah jenis Ram dinamis sinkron yang di produksi oleh Rambus Corporation. Jenis Ram ini memiliki jalur data yang sempit yakni 8 bit, tapi jenis Ram ini menggunakan Bus Speed 800 Mhz. Jenis Ram ini memiki Memory controller yang canggih, sehingga tidak semua Motherboard Support.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Dengan Mudah

 

5. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

Fungsi Dan Jenis-Jenis Ram-SDRAM

SDRAM (Double Date Rate SDRAM) adalah salah satu jenis Ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis Ram yang lain. Ram ini sering digunakan oleh komputer jaman sekarang, Ram ini mempunyai jumlah pin yang cukup banyak yaitu 184 pin.

Jenis Ram ini mempu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satu waktu yang sama, selain itu jenis Ram ini mengkonsumsi daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis Ram lain. Ram ini memiliki beberapa pengembangan seperti DDR2 dan DDR3. Kedua jenis Ram tersebut digunakan banyak komputer saat ini, karena lebih optimal dan hemat konsumsi daya listrik.

  • DDR SDRAM

Kecepatan Ram : 266MHz, 333MHz, 400MHz.

Kapasitas Maksimal : 1 Gb

  • DDR2 SDRAM

Kecepatan Ram : 533MHz, 667MHz, 800MHz.

Kapasitas Maksimal : 2 Gb

  • DDR3 SDRAM

Kecepatan Ram : 1333MHz

Kapasitas Maksimal : 4 Gb

 

6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

Fungsi Dan Jenis-Jenis Ram-FPM DRAM

FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah bentuk asli Ram DRAM. Laju transfer maksimal untuk Cache L2 mendekati 176 Mb per detik, Ram ini bekerja antara Frekuensi 16 Mhz hingga 66 Mhz.

 

7. SO DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

Fungsi Dan Jenis-Jenis Ram-SO DIMM

SO DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module) adalah jenis Ram yang biasanya digunakan di Notebook/Laptop. Pada daasarnya Ram ini Dimm, namun Ram Dimm biasa digunakan untuk PC. Bentuk Dari Ram So Dimm ini sangat ringkas, hal ini bertujuan untuk menghemat ruang yang ada. Ram ini dalam dua jenis, jenis pertama memiliki jumlah pin 72, sedangkan jenis kedua memiliki jumlah pin 144. Perkembangan generasi Ram ini, biasanya sejalan dengan perkembangan Ram untuk komputer/dektop. Ketika DDR3 SDRAM dipasarkan, DDR3 SO-DIMM juga ikut dipasarkan. Model tersebut menggunakan slot yang memiliki 240 pin.

Baca Juga : Cara Mempercepat Download IDM Super Cepat

 

Itu adalah Fungsi Dan jenis-jenis Ram beserta Ciri-Cirinya, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis ram yang ada. Tapi kali ini AndroidUnik hanya membahas 7 Jenis Ram saja. Jangan lupa share artikel ini di akun media sosial kalian