Pengertian, Jenis-jenis, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply

Posted on

Pengertian, Jenis-jenis, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply – Power Supply adalah perangkat keras yang bertugas untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen yang membutuhkan tegangan. Ada banyak komponen yang memerlukan tegangan seperti Motherboard, Kipas, HDD, CD Rom dan masih banyak lagi lainnya. Power Supply mempunyai arus listrik bolak-balik (AC), sedangkan komputer mempunyai arus listrik searah (DC), sehingga power Supply harus merubah arus listrik bolak-balik (AC) ke arus listrik searah (DC), karena perangkat keras komputer hanya bisa beroperasi dengan arus listrik searah (DC). Pada umumnya Power Supply berbentuk kotak dengan lebar 150 mm dan tinggi 86 mm (tergantung merk dari power Supply).

 

Itu adalah Pengertian dari Power Supply, sekarang kita pindah ke topik selanjutnya.

 

Jenis-Jenis Power Supply

Power Supply yang biasa digunakan komputer ada dua jenis power supply. Kedua jenis power supply ini adalah Power Supply ATX dan AT. Dari kedua jenis tersebut memiliki beberapa perbedaan dan fungsinya.

 

1. Power Supply AT

Power Supply jenis ini tergolong lawas, sebelum ada Power Supply jenis ATX, power supply AT ini banyak digunakan oleh komputer Pentium ll dan Pentium lll. Meskipun Power Supply ini sudah jarang digunakan, tapi Power Supply ini mempunyai beberapa kelebihan, seperti kabel yang terhubung ke motherboard yang terbagi menjadi dua kabel, yaitu konektor P9 dan P8. Kekurangan dari Power Supply ini adalah terbalik, mengingat terdapat dua konektor penghubung yang mirip. Untuk pemasangan yang benar, kalian harus memperhatikan kabel power yang bewarna hitam pada masing-masing konektor, kesalahan dalam memasang power Supply jenis ini bisa menyebabkan konsleting.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan MIUI 9

 

2. Power Supply ATX

Jenis power Supply Atx

Power Supply jenis ini memiliki tampilan yang lebih simpel dibandingkan jenis Power Supply generasi sebelumnya (Power Supply AT). Untuk pemasangannya jauh lebih mudah di bandingkan Power Supply jenis AT, karena jika terjadi kesalahan dalam pemasangan maka port pada konektor dengan motherboard tidak akan terpasang/menyatu. Power Supply jenis ini mempunyai jumlah pin 20, kelebihan dari power Supply jenis ini terdapat pada tombol shutdownnya. Untuk power Supply jenis ATX 20 pin sendiri sudah dilengkapi dengan fitur auto Shutdown yang berguna untuk mematikan power Supply saat komputer dimatikan.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Dengan Mudah

 

Cara Kerja Power Supply

Cara kerja Power Supply adalah menyuplai arus listrik ke perangkat keras yang memerlukan. Power Supply juga bertugas mengubah arus listrik Bolak-balik (AC) ke arus listrik Searah (DC). Karena perangkat keras komputer hanya bisa beroperasi jika arus listrik searah (DC)

 

Fungsi Power Supply

Fungsi dari Power Supply adalah menyuplai listrik ke perangkat keras yang memerlukan seperti HDD, Motherboard, CD Rom dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : Fungsi Dan Jenis-Jenis RAM Beserta Ciri-Cirinya

 

Itu adalah Pengertian, Jenis-jenis, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply, bagi kalian yang masih bingung bisa tulis komentar di bawah. Jangan lupa share artikel ini di akun media sosial kalian.

Gambar Gravatar
Seorang Blogger Newbie yang ingin terus belajar dalam dunia Blogger dan framework Codeigniter