Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Dengan Mudah

Penyebab Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Dengan Mudah – Semua orang pasti akan merasa kesal jika laptop yang mereka gunakan lemot/lambat, apalagi jika kita sedang mengerjakan sesuatu seperti tugas sekolah atau tugas kantor. Banyak sekali penyebab laptop/komputer menjadi lambat mulai dari Kapasitas Ram Yang Kecil, Banyak Program Yang Berjalan Dalam Satu Waktu, Virus atau Malware dan masih banyak lagi lainnya.

 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Dengan Mudah

 

Untuk Mengatasi Komputer/Laptop lemot, kalian harus tau dulu penyebab laptp/komputer menjadi lemot, penyebab laptop/komputer lemot sudah saya sebutkan diatas, ada beberapa penyebab komputer/laptop lemot.

1. Banyaknya Program Yang Berjalan Dalam Satu Waktu

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas salah satu faktor komputer/laptop lemot adalah Banyaknya Program Yang Berjalan Dalam Satu Waktu. Karena hal ini menyebabkan kinerja komponen utama laptop menjadi berat, seperti Ram dan Processor.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot-Ram Penuh

Cara Mengatasi : Close Program yang tidak digunakan, agar kinerja Ram dan Processor menjadi lebih ringan. Jika kalian terus memaksakan banyak program berjalan dalam satu waktu, maka tidak jarang laptop/komputer kalian akan Not Responding bahkan Hang. Tapi jika laptop kalian memiliki spesifikasi yang gahar, misal laptop/komputer dengan Ram 8 Gb dan Processor i7 tentu hal itu bukan menjadi masalah (tergantung dengan aplikasi yang berjalan).

 

2. Kapasitas Ram Yang Kecil

Ram (Random Acces Memory) adalah sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data atau intruksi sementara pada laptop/komputer ketika menjalankan suatu program. Penjelasan singkatnya begini, jika semakin banyak program yang berjalan pada laptop/komputer, semakin banyaj pula Ram yang digunakan/dibutuhkan. Ram ini memiliki peranan yang sangat penting dalam hal MultiTasking (menjalankan program secara bersamaan). Ram juga merupakan salah satu faktor Spesifikasi komputer.

 

Cara Mengatasi : Jangan memasakan banyak program yang berjalan dalam satu waktu bersamaan atau kalian bisa menambah kapasitas Ram pada komputer/laptop kalian. Banyak sekali Jenis Ram yang ada dipasaran untuk ram dengan kapasitas 4 Gb memiliki harga kisaran 400 Ribu (Tergantung tempat dimana kalian membeli dan Merk Ram).

Baca Juga : Fungsi Dan Jenis-Jenis RAM Beserta Ciri-Cirinya

 

3.Virus/Malware Pada Laptop/Komputer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot-Virus atau Malware

Virus adalah program yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Ada banyak sekali jenis virus komputer mulai dari Worm, Trojan dan masih banyak lagi lainnya. Selain bisa merusak data virus juga bisa membuat laptop/komputer kalian menjadi hang atau lelet.

Cara Mengatasi : Gunakan Aplikasi Antivirus untuk melindungi laptop kalian dari virus, pada dasarnya fungsi aplikasi antivirus ini sama, tapi ada aplikasi Antivirus yang memiliki database antivirus yang sangat banyak. Jika laptop/komputer kalian terlanjur terkena malware/virusdan berbagai cara sudah dilakukan tapi tidak bisa diatasi, saya sarankan kalian untuk instal ulang sistem operasi kalian.

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Laptop/Komputer

A. Jangan Sembarangan memasang FlashDisk Pada Laptop/Komputer

Jika kalian memasang Flashdisk yang terkena virus pada laptop/komputer kalian, ada kemungkinan laptop kalian juga terinfeksi virus. Karena itu, ketika memasang Flashdisk ke laptop/komputer kalian, pastikan kalian melakukan scanning terlebih dulu pada Flashdisk tersebut.

B. Update Database Antivirus kalian

Setiap hari mungkin ada virus baru yang muncul, misalnya database aplikasi Antivirus kalian lawas. Jadi jika kalian terinfeki virus jenis baru, Aplikasi Antivirus kalian tidak mengenali jenis virus tersebut karena jenis virus baru tersebut tidak ada di database Aplikasi Antivirus kalian.

C. Jangan Download Sembarangan di Internet

Jika kalian sedang berselancar di internet, pastikan kalian menggunakan internet secara bijaksana dan tidak sembarangan dalam mengunduh file di internet. Karena file-file di internet belum tentu aman.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA

 

4. Harddisk Terlalu Penuh

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot-Harddisk Penuh

Salah Satu faktor laptop menjadi lemot adalah Harddisk (HDD) penuh, Semakin banyak file yang disimpan di laptop/komputer semakin sedikit pula kapasitas Harddisk. Jika komputer/laptop kalian memiliki banyak “Free Space” maka kemungkinan laptop kalian akan memeiliki kinerja yang lebih cepat. Saya sarankan kapasitas kosong dari Harddisk kalian minimal 15 %.

Cara Mengatasi : Hapus file-file yang tidak berguna dan berukuran besar di harddisk kalian, jika kalian memerlukan kapasitas Harddisk yang lebih besar sebaiknya kalaian membeli Haddisk Eksternal untuk menyimpan fil-file kalian.

 

5. Banyak Program Yang Terinstall Pada Komputer/Laptop

Laptop/Komputer yang terlalu banyak terinstall program didalamnya menjadisalah satu penyebab komputer menjadi lemot/lelet. Misal partisi disk C kalian terlalu penuh, karena banyak sekali program/aplikasi yang terinstall.

Cara Mengatasi : Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Program/Aplikasi Yang Terinstall Pada Komputer/Laptop adalah salah satu faktor pemicun lambatnya Komputer/laptop. Saya sarankan kalian untuk meng-Uninstall program atau aplikasi yang kurang bermanfaat atau tidak digunakan.

Baca Juga : Pengertian, Jenis-jenis, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply

 

Itu adalah Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Dengan Mudah, jika ada point yang saya lewatkan, silahkan tulis komentar kalian dibawah. Jangan lupa share artikel ini diakun media sosial kalian