Pengertian Array dan Jenis-Jenis Array di PHP

Diposting pada

Pengertian Array dan Jenis Array di PHP – Di artikel ini saya akan membahas Pengertian Array dan jenis Array dalam Bahasa Pemrograman PHP. Ada sedikit perbedaan konsep array dalam bahasa pemrograman php dibandingkan dengan array pada pemrograman lain seperti bahasa C dan Java.

Perbedaan tersebut tedapat pada daya tampung, jika pada bahasa pemrograman php array tidak harus memiliki tipe data yang sama sedangkan pada pemrograman Java dan C, data yang ditampung pada satu array harus memiliki tipe data yang sama. berikut adalah Pengertian Array.

Apa Itu Array ?

Pengertian Array

Array adalah variabel dalam bahasa pemrograman php yang mempunyai banyak elemen atau kumpulan beberapa data yang disimpan dalam satu variabel. Jadi Array dapat menampung lebih dari satu variabel, hal ini berbeda dengan variabel biasa yang hanya bisa menampung satu data.

 

Jenis-Jenis Array Dalam Pemrograman PHP Beserta Penjelasannya

1. Array Numeric

Array Numeric

Pada gambar diatas kita memiliki array Nama yang memiliki 3 buah elemen  yaitu : Dono, Didi Mansur, M.Reza, yang masing-masing di wakili oleh sebuah Index. Index ke 0 menyatakan Doni, Index ke 1 manyatakan Didi Mansur, Index ke 2 menyatakan M. Reza. Perlu di ingat Array dalam php selalu di mulai dari index ke 0. Berikut Contoh Script Array Numeric :

$androidunik = array(“Sendok”, “Garpu”, “Piring”);

Penjelasan Script : Script di atas memiliki Array yang bernama androidunik, tulisan array diatas untuk menyatakan variabel di atas merupakan jenis array. Sedangkan Sendok, Garpu, Piring adalah data dari variabel $androidunik.

Untuk mengeluarkan output array kita perlu menulis Script :

$androidunik = array(“Sendok”, “Garpu”, “Piring”);

echo $androidunik[0]; //sendok

echo $androidunik[1]; //Garpu

echo $androidunik[2]; //Piring

Penjelasan Script : Seperti yang sudah saya tulis di atas index array dimulai dari angka 0. maka output di atas akan mengeluarkan SendokGarpuPiring. Script echo untuk mengeluarkan output, $androidunik untuk mengeluarkan output dari variabel $androidunik, sedangkan [0] sampai [2] yang ada dibelakang $androidunik untuk mengeluarkan index dalam array. Contoh echo $androidunik[0]; maka output yang keluar adalah sendok.

Tapi index dalam array tidak mesti harus dimulai dari 0 agar index tidak selalu dimulai dari 0 kita bisa menggunakan Array Associative/Assosiatif.

2. Array Assosiatif/Associative

Array Associative adalah array dimana kalian bisa mendefinisikan dari index itu sendiri, baik itu Numeric maupun String(Label). Index dalam Array Associative, biasa disebut Key. Berikut adalah contoh script Array Associative.

$coffeetechno = array(“au1″=>”Sendok”, “ua2” => “Garpu”, 4 => “Piring”);

Penjelasan Script : Script di atas memiliki Array yang bernama coffeetechno, tulisan array diatas untuk menyatakan variabel di atas merupakan jenis array. Sedangkan Key dari array itu ada “au1”, “ua2” dan 4. Key “ua2” menyatakan Sendok, Key “ua2” menyatakan Garpu dan key 4 menyatakan Piring. kalian bisa lihat script diatas jika kita ingin menyatakan key dengan String harus menggunakan “” contoh “au1”, sedangkan untuk Numeric tidak perlu menggunakan “” (ditulis langung), contoh 4.

Untuk mengeluarkan output dari Array Associative tidak jauh berbeda dengan Array Numeric. Berikut adalah contoh perintah output untuk Array Associative.

$coffeetechno = array(“au1″=>”Sendok”, “ua2” => “Garpu”, 4 => “Piring”);

echo $coffeetechno[“au1”]; //Output Sendok

echo $coffeetechno[“au2”]; //Output Garpu

echo $coffeetechno[4]; // Output Piring

Penjelasan Script : Script ini tidak jauh berbeda dengan script output Array Numeric, hanya saja jika kita ingin menuliskan Key String harus menggunakan “”.

3. Array Multidimensi

Array Multidimensi adalah array yang mengandung beberapa array lain, dalam kata lain array di dalam array. Jadi kita bisa menyimpan beberapa array dalam satu variabel. Berikut adalah Contoh Array multidimensi.

$pramstudio = array (

array(90, 85, “Google”),

array(“yahoo”, 45, 89),

array(89, “Bing”, 67)

);

Penjelasan Script : Pada script di atas kita memiliki array yang bernama pramstudioarray pada baris pertama untuk menyatakan variabel itu adalah jenis array sedangkan array pada baris ke dua adalah array index ke 0 pada variabel $pramstudio, array pada baris ketiga adalah array index ke 1 pada variabel $pramstudio dan seterusnya.

Berikut adalah script untuk output array multidimensi.

$pramstudio = array (

array(90, 85, “Google”),

array(“yahoo”, 45, 89),

array(89, “Bing”, 67)

);

echo $pramstudio[2][1]; //Output Bing

echo $pramstudio[0][2]; //Output Google

Penjelasan Script : echo adalah script untuk mengeluarkan output, maksud dari $pramstudio[2][1] adalah kita akan mengeluarkan variabel $pramstudio sedangkan [2][1] kita akan mengeluarkan array ke dua index ke 1, jadi output yang akan keluar adalah Bing. Perlu di ingit array dimulai dari 0 (nol).

Baca Juga : Cara Membuat Form Login Dengan PHP, Database dan Session di Xampp

Itulah Pengertian Array dan Jenis-Jenis Array di PHP Beserta Penjelasannya, jkia kalian ingin belajar bahasa pemrograman php secara online saya sarankan kalian untuk membuka website W3schools (bahasa inggris) atau CodeSaya. Share artikel ini di akun media sosial kalian, supaya orang lain juga bisa membaca artikel ini.

Gambar Gravatar
Seorang Blogger Newbie yang ingin terus belajar dalam dunia Blogger dan framework Codeigniter