Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Dengan Mudah

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen – Secara tidak sengaja kalian pasti pernah menghapus file penting yang ada di laptop kalian, entah itu video, foto, tugas, musik dan file penting lainnya. Terus, Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen?.

Sebenarnya, file yang terhapus dari komputer/laptop kita tidak benar-benar hilang/terhapus, ada suatu sistem yang bertugas untuk menampung file yang dihapus tersebut, tapi jika file tersebut sudah terlalu lama dihapus file itu bisa saja tertimpa file lain.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Dengan Mudah

Menggunakan Recuva

#1 Download dan Instal Recuva

Hal pertama yang perlu kalian lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen adalah mendownload aplikasi Recuva. Kalian bisa download aplikasi Recuva disini.

Setelah itu instal aplikasi Recuva di laptop kalian. Aplikasi ini mempunyai versi gratis dan versi berbayar, tapi kali ini kita akan menggunakan versi yang gratis. Karena fitur dari kedua versi ini tidak jauh berbeda.

#2 Scan Folder Yang Hilang

  • Buka Aplikasi xampp yang sudah di instal tadi, lalu akan muncul tampilan seperti yang dibawah ini :

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop

  • Pilih format file yang kalian hapus, tapi jika kalian tidak yakin bisa pilih “All Files”, lalu klik next. Lalu akan muncul gambar seperti ini :

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop(1)

  • Setelah itu kalian diminta untuk menentukan lokasi file yang terhapus tadi. Pada kasus ini file yang tidak sengaja saya hapus ada di Local Disk (E:). Tapi bagi kalian yang lupa file yang terhapus tai ada di disk mana, kalian bisa pilih “I’m Not Sure”. lalu klik next.

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop(2)

  • setelah itu muncul dialog seperti di bawah ini. Jika kalian ingin aplikasi Recuva ini melakukan pemindaian secara mendalam, centang cek box yang berada ditengah.

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop(3)

  • Aplikasi recuva melakukan pemindaian ke laptop, proses ini biasanya memakan beberapa detik sampai beberapa menit.
  • setelah itu aplikasi recuva menampilkan file-file yang tidak sengaja terhapus.cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop(4)

File yang sudah terhapus bisa dikembalikan bisa tidak, tergantung file yang dihapus sudah tertimpa folder yang lain, jika file yang dihapus tertimpa folder yang lain, file tersebut bisa dikembalikan tapi file tersebut tidak bisa dibuka lagi. File yang dihapus tidak tertimpa folder lain file tersebut bisa dikembalikan dan bisa dibuka.

Itu adalah Cara Mengembalikan file yang terhapus permanen, jika bagi kalian artikel ini bermanfaat share artikel ini di media sosial kalian. bagi kalian yang masih kebingungan isa kirim komentar dibawah ini.

Tampilkan Versi Lite